E-DMC MELUNCUR, COVID-19 MINGGAT

Aplikasi Desa Melawan Covid-19 (E-DMC-19) telah diluncurkan untuk membantu tim relawan desa dalam memberikan edukasi dan informasi secara real time tentang Covid-19 kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam menentukan kebijakan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kegiatan Master of Trainer ( MoT) telah dilaksanakan pada bulan April  dan Pelatihan Training of Trainer (ToT) yg sudah dilaksanakan pada bulan Juni secara online atau virtual. Pelatihan Aplikasi e-DMC-19 di 29 Kabupaten sudah dimulai sejak bulan Juni, dan masih berlangsung hingga kini. Para Pendamping Desa menjadi Garda Terdepan dalam proses pelatihan pengguna aplikasi. Aplikasi ini berisi fitur-fitur diantaranya adalah Kegiatan Gugus Tugas, Pemantauan Desa (Laporan Mingguan, Bulanan dan 3 Bulanan), Diagnostik, Media, dan Dukungan Kesehatan, Pendampingan dan Teknis. Dalam fitur-fitur yang ada diantaranya adalah fitur Migrasi, Warga dengan Gejala, Kemiskinan, Kehilangan Pendapatan/Pekerjaan, Kerawanan Pangan, Perlindungan Sosial, Kegiatan Desa dan Pelayanan Dasar terkait dengan COVID-19 yang harus diisi oleh operator aplikasi.

Sampai dengan tanggal 24 Juli 2020, telah tersedia 7.685 Desa yang sudah dilatih dari 7.809 Desa. Target pada bulan Juli, mereka telah menjalankan aplikasi e-DMC-19 dan melalui merekalah pendataan dilaksanakan. Sehingga pada bulan Agustus data  sudah masuk dalam aplikasi. Aplikasi ini menunjukan desa sudah menyiapkan diri untuk melawan COVID-19. Semoga aplikasi ini berguna bagi masyarakat desa dan pemerintah. “Tetap Semangat, Corona pasti Minggat” demikian pesan Bapak Gubernur Jawa Tengah.