DUKUNGAN DARI PAK GANJAR UNTUK PENDAMPING LOKAL DESA DI JAWA TENGAH

Halo #sahabatdesa yang budiman sudahkah hari ini menyiapkan ide untuk memajukan desamu?

Pada tanggal 10 Desember 2019, bapak Gubernur Ganjar Pranowo berkesempatan hadir dalam acara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas PLD (Pendamping Lokal Desa). Kegiatan ini diadakan oleh Dispermadesdukcapil untuk meningkatkan kapasitas meningkatkan kapasitas 550 PLD agar dalam mendampingi dapat lebih profesional lagi..

Bapak Gubernur sempat menghimpun permasalahan di desa antara lain: Pengelolaan Kesejahteraan masyarakat masih rendah (Ekonomi); transparansi dalam penggunaan Dana Desa; SDM perangkat desa dirasa masih lemah; Pemdes dan BPD kurang bersinergi; Pernikahan dini; dan beberapa permasalahan krusial. Harapan beliau, PLD mampu memberikan solusi dan menjadi solusi untuk mengatasi segala masalah di desa..

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah me-launching aplikasi SILAT PANDE (Sistem Pelaporan Teknis Pendamping Desa). Alasan dilaunchingnya aplikasi ini supaya tidak terjadi penumpukan laporan yang berlebih dikantor Dispermadesdukcapil, dan pastinya “paperless” untuk ikut andil menjaga bumi..