Rapat Koordinasi TKPK Merupakan Salah Satu Suntikan Semangat Untuk Mendorong Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Grobogan

     Kehadiran bapak Wakil Gubernur Jawa Tengah pada tanggal 29 Oktober 2019 menjadi angin segar bagi Pemkab Grobogan, Pemerintah Kecamatan Toroh dan Pemdes Desa Ngrandah. Pasalnya, Bapak Wakil Gubernur berkesempatan untuk menghadiri Rapat Koordinasi TKPKD sekaligus meresmikan Desa Binaan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah.


     Berdasarkan data kemiskinan selama 6 tahun terakhir dari tahun 2013 sampai dengan 2018, Kabupaten Grobogan bukan lagi menjadi salah satu Kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Prosentase penduduk miskin di Kabupaten Grobogan sudah mengalami penurunan, pada tahun 2017 sebesar 13,27% kini menjadi 12,31%. Upaya pemprov Jawa Tengah yang saat ini sedang naik daun untuk mengentaskan kemiskinan adalah dengan adanya program Desa Binaan dari setiap SKPD Provinsi. Bapak Taj Yasin menegaskan bahwa membangun sinergi penanggulangan kemiskinan harus terus diperkuat. Mulai tahun 2019 Perangkat Daerah diProvinsi Jawa Tengah didorong untuk melakukan pendampingan pada desa-desa dengan tingkat kesejahteraan rendah (desa merah) melalui “Gerakan 1 Perangkat Daerah 1 Desa Dampingan Menuju Desa Lebih Sejahtera”Diharapkan bisa direplikasikan oleh Kabupaten/Kota.


     Tentunya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah sangat terbantu dengan mengupayakan kepentingan atas kebijakan tersebut. Karena sebagian besar penduduk miskin berada di pedesaan, pendamping desa harus bisa memberikan warna atas kebijakan ini.