"SaTe WeDUS" ala Wonosobo

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Seksi Pengembangan Sistem Informasi Desa telah mengadakan Bimbingan Teknis Integrasi data Se-Kabupaten Wonosobo yang di adakan pada tanggal 29-31 Oktober 2019 di Gedung Korpri Kabupaten Wonosobo.

Acara tersebut diikuti oleh 572 peserta yg terdiri dari seluruh desa Se-Kabupaten Wonosobo dan dibagi menjadi 3 angkatan.
Angkatan pertama dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 29 Oktober 2019 dengan jumlah peserta 198, angkatan ke dua dilaksanakan pada hari Rabu 30 Oktober 2019 dengan jumlah peserta 186 dan hari ketiga pada tanggal 31 Oktober 2019 diperkirakan dengan jumlah peserta 188
yang hadir terdiri dari unsur TA, PD, PLD, KPMD, Perangkat Desa & OPD lingkup Kabupaten Wonosobo.

Bimtek pada hari pertama di buka oleh Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Bapak Didi Haryadi, S.H, M.H dilanjutkan dengan materi Pengenalan SIDesa (Dispermadesdukcapil Prov. Jateng), Kebjiakan dan Teknis IDM (Bappeda Prov. Jateng), terkait dengan data kemiskinan (Dinsos Prov. Jateng) dilanjutkan program RTLH (Disperakim Prov. Jateng)  dan entry berita desa (Diskominfo Kab. Wonosobo dan UDINUS Semarang).

Pada angkatan kedua hari Rabu tanggal 30 Oktober 2019, di buka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kependudukan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah Bapak Ir. Sugeng Riyanto, M.Sc dengan mengobarkan jargon “SaTe WeDUS” (SAdar TEknologi WEb Desa sUdah Siap) dan disambut antusias oleh para peserta. Setelah sambutan dilanjutkan  materi terkait verval Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (Dinsos Prov. Jateng), aplikasi Sistem Informasi Perumahan (Disperakim Prov. Jateng), entry berita desa yang di upload ke dalam SIDesa (Diskominfo Kab. Wonosobo dan UDINUS Semarang).

Pada angkatan ketiga pada hari kamis tanggal 31 oktober 2019 direncanakan di buka oleh Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Desa Bapak Ifran Lindu Mahargya S.Kom dilanjutkan dengan materi konten SIDesa (Dispermadesdukcapil Prov. Jateng), aplikasi Basis Data Terpadu (Dinsos Prov. Jateng), validasi dan usulan Data RTLH melalui aplikasi SIMPERUM (Disperakim Prov. Jateng), perencanaan pembangunan desa (Bappeda Prov. Jateng), updating berita desa ke dalam SIDesa (Diskominfo dan UDINUS Semarang).

Pada hari ketiga kegiatan Bimtek akan ditutup  oleh Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Bapak Didi Haryadi , SH, MH. Diharapkan output dari kegiatan adalah tersajinya data dan informasi berita desa didalam web SIDesa Jateng. Sehingga outcome dari kegiatain ini adalah pemanfaatan data SIDesa Jateng sebagai bahan kebijakan pembangunan di Wonosobo pada khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya.