Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam penanganan Covid 19 di Kota Surakarta

Surakarta- Kunjungan Kepala Dispermades Prov Jateng di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta dalam rangka Kegiatan Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam penanganan Covid 19, Rabu (16/2) dari hasil pantauan lapangan di Kelurahan Sumber, dari 76 RT di 17  RW sudah melakukan penerapan Protokol Kesehatan.

Menurut Ka Puskesmas Gambirsari dan Ka Puskesmas Banjarsari, Kota Surakarta bahwa adanya zona merah di RT adalah murni kesalahan inputer karena yang dihitung adalah jumlah orang, dimana yang seharusnya dihitung adalah jumlah rumah. Hal ini berdasarkan pada Inmendagri Nomor 3 Tahun 2021 dimana  penghitungan berbasis rumah.

 Terhadap yang terpapar sudah ditangani Puskesmas setempat dan memilih isolasi mandiri dirumah, sedangkan logistiknya disediakan oleh Satgas Jogo Tonggo dan Dinsos setempat. Bila ada warga yang terpapar namun tetap keluar rumah langsung dijemput Ka Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas lalu dikirim ke Asrama Haji Donohudan. Dengan cara ini ternyata ada efek jera pada warga yang terpapar untuk patuh.