Verifikasi Lapangan Lomba Jogo Tonggo Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Kebumen

Tim verifikasi lapangan Lomba Jogo Tonggo bersama Dispermades Prov Jateng, melakukan pemantauan sekaligus verifikasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen pada hari Rabu, 11 November 2020. Tim verifikasi disambut langsung oleh Bapak Bupati di kantor Bupati Kebumen. Tim verifikasi yang terdiri dari Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Keamanan, Bidang Hiburan dan Bidang Inovasi Pemanfaatan Teknologi Digital.

Bapak Bupati Kebumen menyampaikan pada sambutannya zonasi hijau kuning merah telah dilakukan di Kebumen. Jogo Tonggo sesuai instruksi Gubernur Jawa Tengah telah diterapkan di Kebumen dengan harapan penyebaran covid dapat terputus dan terkendali. Desa Jatimulyo Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen memiliki 19 RT dan 4 RW dengan jumlah penduduk 2.764 jiwa/884 KK. Kondisi covid di Desa Jatimulyo yaitu 78 ODP, 7 PDP dan 2 positif. Desa Jatimulyo memiliki filosofi "Ngesuh Desa Sak Kukuban" atau Menghimpun sumber daya desa dalam menghadapi pandemi. Bapak Kades Jatimulyo menyampaikan dalam penanganan dan pengendalian covid memanfaatkan media sosial sebagai media informasi yang cepat dan mudah, sehingga semua warganya dapat mudah mengikuti informasi terbaru terkait program-program kegiatan pengendalian covid di desa. Program-program kegiatan kreatif Desa Jatimulyo diantaranya program ketuk pintu, mana kebunmu dan kebun pangan warga.

Ketua Tim verifikasi menyampaikan beberapa kesimpulan hasil pemantauan dari tim verifikasi diantaranya yaitu: peningkatan pengelolaan data dan informasi digital desa, terkait keaktifan satgas jogo tonggo agar ditingkatkan ditingkat RW, jadwal pementasn hiburan sesuaikan dengan rutinitas kegiatan warga, hiburan religi jangan dilupakan.